Tata Letak dan Ruang Kandang Sapi

Sabtu, 09 Januari 2010

Dalam merancang sistem penanganan pergerakan, yang terpenting untuk diperhatikan adalah tata letak dan tata ruang kandang. Dengan pengaturan posisi ruang yang tepat akan membuat pergerakan sapi menjadi nyaman dan mudah diatur.

Ada beberapa poin penting yang biasa kita abaikan dalam merancang sistem perkandangan. Apa saja poin-poin tersebut?
Ok… mari kita bahas.

Sudut ruang
Ternak sapi biasanya akan merasa menemukan jalan buntu pada saat berhadapan dengan sudut ruang 90º. Sudut ruang yang tajam akan menghambat gerak sapi dan juga bisa mengakibatkan cedera pada sapi, seperti luka memar dan sobek.

Warna dan bayangan
Adanya bayangan atau perbedaan/perubahan warna pada lantai akan menghambat laju pergerakan sapi. Karena akan membuat sapi menjadi ragu-ragu untuk melangkah. Maka bila memungkinkan, kurangi kemungkinan munculnya bayangan dan adanya perubahan warna pada lantai.

Lantai
Lantai yang licin akan sangat membahayakan baik bagi sapi maupun bagi anda sebagai pemelihara. Buatlah permukaan lantai yang mulus tapi tidak licin. Sapi juga kurang menyukai untuk melangkah di tempat yang becek, jadi buatlah lantai dengan kemiringan sekitar 4º dan ada parit diujungnya.

Jalur jalan sapi
Rancang jalur untuk jalan sapi dengan ukuran yang pas dengan lebar tubuh sapi. Bila jalur untuk jalan sapi terlalu lebar maka bisa memberi ruang bagi sapi untuk berputar, akibatnya akan mempersulit kerja anda.

Gerbang
Tempatkan gerbang pada posisi yang mempermudah untuk dilalui pada saat sapi akan lewat. Jangan sampai sapi mengira bahwa gerbang tersebut adalah jalan buntu yang tidak bisa dilewati. Pastikan tidak ada besi atau benda tajam lainnya yang dapat melukai sapi pada saat lewat.

Tempat bongkar muat
Pada ternak sapi potong, akan sering dilakukan aktivitas bongkar muat. Buatlah jalur yang lurus (hindarkan sudut tajam), agar laju sapi lancar. Kemiringan lantai jangan terlalu curam (sekitar 15º) dengan permukaan yang agak kasar sehingga tidak licin. Tempatkan gerbang di beberapa titik untuk mengatur laju sapi.

Suara bising
Usahakan kandang sapi agar jauh dari suara-suara yang bising. Seperti industri yang mengeluarkan suara keras, jalan raya dan lain-lain. Suara yang bising dapat membuat sapi menjadi stress dan tidak terkendali. Untuk sapi perah akan berpengaruh pada menurunnya kuantitas susu yang dihasilkan.

Dengan rancangan kandang yang memperhatikan kenyamanan sapi, akan membantu mempermudah kerja anda sebagai pemelihara. Buatlah kandang sapi sebaik dan senyaman mungkin, agar sapi yang dipelihara pun dapat memberikan hasil yang maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Saung Sapi BigBofe 2009 by Ourblogtemplates.com

Back to TOP