Seri Tips Praktis 06 : Persiapan Pemerahan

Selasa, 12 Januari 2010

Susu sapi adalah produk utama dari usaha peternakan sapi perah. Untuk menghasilkan susu dengan kualitas yang baik ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah ‘Persiapan Pemerah’. Apa saja yang harus disiapkan sebelum anda melakukan pemerahan?

Mempersiapkaan kebersihan diri sebelum memerah :
- Pemerah dalam keadaan sehat
Kesehataan pemerah pun harus diperhatikan. Karena bibit penyakit bisa saja menular pada sapi yang diperah dan dapat mencemari susu hasil pemerahan.
- Kuku harus pendek
Kuku yang panjang dapat menjadi sumber penyakit karena mengandung banyak kotoran dan kuman. Kuku yang panjang dapat melukai ambing dan puting
- Pakaian harus bersih
Pakaian yang kotor memungkinkan susu hasil pemerahan dapat tercemar baik oleh bau dari pakaian maupun kuman yang menempel pada pakaian.
- Mencuci tangan sebelum memerah atau memerah sapi berikutnya
Kebersihan telapak tangan berpengaruh terhadap kebersihan dan kesehatan susu. Tangan yang kotor atau tangan yang tidak dibersihkan mengandung banyak kuman. Ilustrasinya, dengan tangan yang sudah dibersihkan akan ada penambahan 1 bakteri pada setiap ml susu segar sedangkan dengan tangan yang tidak dibersihkan akan ada penambahan 2 bakteri pada setiap ml susu segar.
- Tangan dalam keadaan kering dan bersih pada saat akan memerah
Bakteri sangat mudah menempel pada sesuatu yang basah. Bila tangan pemerah basah, akan sangat mudah digunakan sebagai tempat menempelnya bakteri.

Sumber : Dinas Peternakan Propinsi Jawa Barat

0 komentar:

Posting Komentar

  © Saung Sapi BigBofe 2009 by Ourblogtemplates.com

Back to TOP