Kandang Sapi Sederhana

Sabtu, 19 Desember 2009

Bagi sapi, kandang bagaikan rumah tempat tinggal selama sapi dipelihara di suatu tempat. Kandang adalah tempat yang dapat memberikan perlindungan pada sapi dari segala sesuatu yang merugikan dan membahayakan. Tempat yang dapat melindungi sapi dari panas, hujan, angin dan serangan binatang lain yang berbahaya atau dapat mengancam keselamatan sapi. Selayaknya kandang sapi pun harus dapat memberikan kenyamanan bagi sapi – sapi yang menempatinya. Sehingga dengan merasa aman dan nyaman, sapi akan terhindar dari stress. Karena bila sapi anda mengalami stress sehingga perkembangannya terhambat, saya yakin anda pun akan ikutan stress.
Untuk membangun kandang sapi yang nyaman tentu ada beberapa ketentuan dasar yang perlu diperhatikan dengan baik.

Berikut beberapa ketentuan dalam membangun kandang sapi sederhana :

● Ventilasi
Ventilasi adalah jalan untuk aliran pergantian udara. Dalam membangun kandang sapi, pastikan bahwa kandang yang anda bangun memiliki ventilasi yang baik. Dengan adanya sistem ventilasi yang baik akan memudahkan pergerakan udara kotor dari dalam kandang keluar dan digantikan dengan udara yang baru/segar dari luar.

● Sinar Matahari
Sinar matahari mutlak diperlukan oleh sapi untuk membentuk vitamin D, sebagai desinfektan dan dapat sedikit membakar lemak dibawah kulit. Sinar matahari yang baik bagi kesehatan adalah sampai sekitar jam 09.00 pagi, yang mana belum begitu panas dan banyak mengandung ultra violet.

● Kekeringan Kandang
Usahakan kandang sapi selalu dalam keadaan kering dan bersih agar tidak ada bibit penyakit yang dapat berkembang biak dan menyebar di kandang. Untuk membuat lantai kandang tetap kering, maka pada saat pembangunan lantai kandang harus dibuat agak miring agar air tidak menggenang dan langsung mengalir ke dalam saluran pembuangan. Kemiringan lantai pun harus diperhitungkan agar tidak menyebabkan sapi lergelincir jatuh. Kemiringan yang baik sekitar 10 - 15°.

● Konstruksi dan Bentuk kandang
Untuk konstruksi kandang, gunakanlah bahan yang kuat dan tahan lama sehingga tidak sering mengganti atau memperbaiki kandang. Perlu diingat bahwa sapi adalah mahluk hidup yang mempunyai tenaga cukup besar. Untuk bentuk kandang dapat disesuaikan dengan lokasi yang akan dibangun kandang sapi.

● Keamanan Sapi
Salah satu fungsi dari kandang adalah untuk melindungi sapi dari bahaya yang dapat mengancam keselamatan sapi.

● Ukuran Kandang
Dasar perhitungan kebutuhan ruang kandang untuk satu ekor sapi dengan sistem litter adalah panjang ± 2,25 m dengan lebar ± 1,5 m. Perhitungan ini berdasarkan pandangan keleluasaan ruang gerak sapi dan mempermudah saat pemeliharaan atau pemerahan susu pada kandang sapi perah.

Dengan memperhatikan ketentuan – ketentuan diatas, anda sudah dapat membuat kandang sapi yang aman dan nyaman. Ingat... sapi pun mahluk hidup seperti saya dan anda, mereka pun ingin tempat tinggal yang aman dan nyaman untuk ditinggali sehingga dapat berkembang dengan pesat guna memberikan keuntungan bagi yang memelihara.

Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Saung Sapi BigBofe 2009 by Ourblogtemplates.com

Back to TOP