Tantangan Usaha Sapi Potong

Senin, 04 Januari 2010

Peternakan sapi Indonesia masih belum mampu untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sebagai negara agraris, hal tersebut sangatlah menyedihkan. Dengan jumlah penduduk yang banyak dan lahan yang luas selayaknya Indonesia dapat berperan sebagai negara pengeksport sapi bukan sebagai negara yang jago mengimport sapi.

Memang kondisi di lapangan tidak akan sesederhana seperti dalam teori. Pada pelaksanaannya pasti akan banyak permasalahan yang akan timbul. Bila permasalahan yang ada sudah diketahui, maka akan mempermudah dalam hal mencari jalan keluar guna menuntaskan masalah yang menghambat. Akan sulit untuk mencari solusi yang tepat bila masalah yang menghambat tersebut belum diketahui dengan jelas.

Berikut adalah beberapa masalah yang perlu kita cari jalan keluarnya karena kerap muncul sehingga menghambat produktivitas peternakan sapi potong.

- Sumberdaya Ternak
Pengembangan ternak sapi lokal yang belum maksimal, dalam hal pengelolaan produksi dan reproduksi sapi potong berpengaruh langsung pada angka perkembangan ternak sapi potong lokal.
- Sumberdaya Manusia
Kurangnya ketertarikan masyarakat untuk terjun menekuni usaha sapi potong. Ketidak tertarikan tersebut dikarenakan diperlukannya modal yang cukup besar, keamanan pembayaran dari pembeli daging (pasar) dan dukungan pemerintah dalam hal bantuan modal kerja dan penyuluhan.
- Sumberdaya Pakan
Ketergantungan pada limbah pertanian menyebabkan pada musim-musim tertentu peternak akan kesulitan mendapatkan pakan hijauan. Mahalnya harga pakan penguat.
- Sumberdaya Lahan
Karena kepadatan penduduk yang tidak merata (di pulau Jawa) menyebabkan keterbatasan lahan untuk peternakan dan penanaman rumput unggul. Sementara permintaan daging yang terbanyak adalah di pulau Jawa.
- Sumberdaya Teknologi
Pemanfaatan teknologi tepat guna yang belum optimal. Berkaitan dengan biaya dan pengetahuan teknis peternak yang kurang menyebabkan minimnya pengaplikasian teknologi budidaya ternak sapi potong.

Dengan diketahuinya permasalahan yang menghambat peternakan sapi potong seperti diatas. Maka sudah selayaknya bila semua unsur terkait yang bergerak di bidang usaha ternak sapi potong turut memikirkan jalan keluar yang terbaik. Bila semua unsur dapat bekerjasama dengan baik, pasti semua masalah yang ada akan dapat dihadapi. Karena dalam berusaha tidak ada masalah, yang ada hanyalah tantangan.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Saung Sapi BigBofe 2009 by Ourblogtemplates.com

Back to TOP