Sistem Penanganan Ternak. Perlukah?

Kamis, 07 Januari 2010

Terkadang seekor sapi ternak yang jinak pun dapat menjadi hewan yang berbahaya. Terlebih bila anda sedang menangani sapi baru yang belum terbiasa dengan kondisi kandang barunya. Atau bila anda adalah peternak sapi brahman cross hasil import yang tidak pernah kenal dengan kandang. Tentunya akan sangat beresiko. Resiko cedera bagi kedua pihak, manusia dan sapi.

Untuk mengurangi resiko cedera dan menjadikan kerja anda lebih efisien, buatlah sistem penanganan sapi yang baik. Sistem penanganan tersebut harus meliputi keamanan, kesehatan dan kelancaran kerja. Sehingga resiko buruk bagi kedua belah pihak dapat diminimalkan.

Bagaimana cara penanganan ternak agar tidak beresiko besar?
- bagi peternak brahman cross, minimalkan keharusan anda masuk ke dalam kandang untuk melakukan pemeliharaan
- buat alat/ruang yang memisahkan antara anda dan sapi pada saat pemeliharaan
- pastikan anda punya ruang yang cukup untuk melarikan diri
- perlakukan sapi dengan tenang dan lembut
- selalu waspada, waspadalah! :)

Tujuan/keuntungan yang anda dapat dari cara penanganan sapi yang baik adalah :
- Meningkatkan produktivitas
Menangani sapi dengan benar akan mengurangi stress pada sapi sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik. Sediakan peralatan dan perlengkapan yang memadai. Contoh : lantai yang tidak licin dan tidak bersudut tajam, dapat mengurangi kemungkinan cedera seperti patah tulang, memar dan luka sobek yang akan berakibat pada berkurangnya selera makan sapi yang akan berpengaruh juga pada hasil produksi.

- Mengurangi biaya tenaga kerja
Bila anda memiliki fasilitas peralatan dan perlengkapan kerja yang memadai, untuk memelihara sapi dengan jumlah sekitar 10-15 ekor akan dapat anda kerjakan sendiri. Dengan sistem penanganan yang efisien akan memudahkan anda untuk mengatur pergerakan, pemeliharaan dan pemantauan sapi, jadi akan mengurangi tingkat stress pada sapi dan tentunya pada anda juga.

- Meningkatkan keamanan kerja
Sistem penanganan ternak yang baik akan mengurangi resiko anda dari terjangan sapi karena bisa dipastikan bahwa sapi akan bergerak dengan tenang, teratur dan rapi.

- Menjaga kesehatan sapi
Dengan perlakuan yang lembut, pergerakan yang teratur, kemudahan dalam pemeliharaan dan pemantauan, sapi akan terhindar dari resiko cedera serta stress. Maka kesehatan sapi akan terjaga dengan baik dan pada akhirnya dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Sekarang terlihat jelas bahwa sistem penanganan ternak yang baik sangat diperlukan. Saya yakin bahwa anda dapat merancangnya sendiri, karena andalah yang paling memahami kondisi kandang sapi anda. Jadi… mulailah pikirkan dan rancang sebuah sistem penanganan yang sesuai dengan kondisi kandang sapi milik anda.  

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Saung Sapi BigBofe 2009 by Ourblogtemplates.com

Back to TOP