3 Komponen Penting Agar Usaha Sapi Perah Menguntungkan

Rabu, 06 Januari 2010

Dalam penjabaran yang sederhana, kemampulabaan usaha sapi perah dapat diartikan sebagai selisih antara harga susu dengan biaya produksi dikalikan volume produksi susu. Maka harga susu, biaya produksi dan volume produksi susu adalah tiga komponen terpenting dalam usaha sapi perah.

Dengan penjabaran diatas, maka sangatlah penting bagi setiap peternak sapi perah untuk memperhatikan dengan jelas ketiga komponen (harga, biaya dan volume) agar dapat mengoptimalkan usahanya. Pada saat harga susu tinggi, peternak harus dapat memaksimalkan segala kemungkinan yang ada untuk memperbaiki produksi dan meningkatkan pendapatan. Pada saat harga susu rendah, usahakan untuk mengurangi biaya produksi. Dalam hal mengurangi/memotong biaya produksi, peternak harus jeli dalam menentukan komponen mana yang bisa dikurangi tanpa adanya pengaruh yang merugikan bagi sapi dan produksinya untuk jangka panjang.

Jika upaya memotong biaya produksi dapat menyebabkan kerugian jangka panjang, salah satu jalan keluar lainnya adalah memperbaiki kualitas susu. Dengan meningkatkan kualitas susu diharapkan akan didapat harga susu yang tertinggi sehingga dapat menutupi biaya produksi. Dalam meningkatkan kualitas susu pun peternak harus memperhatikan perhitungan biaya dengan teliti, jangan sampai upaya meningkatkan kualitas susu malah membawa pada kerugian yang lebih besar.

Harga Susu
Biasanya harga susu berbanding lurus dengan jumlah bakteria yang terkandung dalam susu. Dengan menjaga kebersihan selama proses dan menurunkan jumlah bakteri terkandung akan dapat mengangkat harga jual susu. Harga tersebut tergantung pada standar penerimaan dan standar kualitas dari perusahaan pengolahan susu.

Biaya Produksi
Besar biaya produksi sangat bervariasi, biasanya dipengaruhi oleh besar peternakan dan tingkat efisiensi kerja. Total biaya produksi terdiri dari biaya operasi dan biaya overhead. Biaya operasi biasanya terdiri dari pakan, pemeliharaan kandang & peralatan, pemasaran, bahan bakar, listrik dan perbaikan. Yang termasuk dalam biaya overhead adalah semua biaya tetap yang harus dikeluarkan.

Volume Susu
Keuntungan sangat dipengaruhi oleh volume susu yang dijual. Bahkan dengan harga susu yang tertinggi pun, keuntungan yang maksimal baru akan didapat bila produksi susu dapat mencapai yang tertinggi yang mungkin untuk diproduksi. Kuncinya adalah mengupayakan agar rataan produksi susu setiap ekor sapi dapat ditingkatkan. Dengan demikian dapat meningkatkan volume penjualan susu.

Untuk dapat mencapai keuntungan yang optimal dari setiap ekor sapi adalah dengan cara mengoptimalkan pemberian pakan yang mengandung nutrisi yang cukup. Cara ini berbeda dengan cara yang biasa dipakai, yaitu ‘ Memaksimalkan Pakan Yang Dimakan Sapi’. Bila hanya menmaksimalkan jumlah pakan yang dimakan tanpa memperhatikan nutrisi yang terkandung pakan, maka pakan tersebut tidak akan memberikan pengaruh yang besar pada sapi dan susu yang dihasilkan. Hanya membuat sapi kenyang.

Agar didapat keuntungan yang maksimal, perhatikan ‘Harga Susu, Biaya Produksi dan Volume Susu’. Bila ketiga hal tersebut diperhatikan dengan baik, maka usaha ternak sapi perah akan berkembang dan menguntungkan.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Saung Sapi BigBofe 2009 by Ourblogtemplates.com

Back to TOP