Potensi Ternak Sapi

Sabtu, 19 Desember 2009

Dilihat dari potensinya, ternak sapi adalah satu bidang usaha yang sangat menggiurkan dan menjanjikan untuk ditekuni. Apalagi bila dikerjakan secara serius, karena dari usaha beternak sapi itu tidak ada yang terbuang secara percuma. Semua dapat diambil manfaatnya.

Untuk sapi pedaging, hasil utamanya adalah daging sedangkan sapi perah menghasilkan susu. Kedua komoditas tersebut adalah bahan pangan utama bagi manusia. Anda masih ingat slogan 4 sehat, 5 sempurna? Dengan masuknya daging dan susu kedalam unsur bahan pangan utama, maka sudah pasti banyak dibutuhkan. Apalagi berdasarkan data pemerintah kebutuhan daging dan susu Indonesia masih sangat kurang. Jadi jika dilihat dari peluang pasar, usaha ternak sapi pedaging ataupun perah masih sangat terbuka lebar.

Potensi ternak sapi belum selesai sampai disitu, masih ada hasil ikutan ternak. Jangan lupakan hasil ikutan ternak, karena walaupun bukan merupakan komoditas inti tapi masih ada nilai Rupiahnya atau masih laku untuk diuangkan. Dan janganlah anda meremehkan hasil ikutan ternak. Bila dikelola dengan baik, hasil ikutan ternak pun memiliki segmen pasar tersendiri dengan jumlah sangat besar.

Berikut adalah potensi ternak sapi dilihat dari sisi peluang bisnis :

- Daging dan susu
Sudah jelas segmentasinya dan merupakan kebutuhan pangan yang utama.
- Kulit
Komoditas yang bernilai jual tinggi karena merupakan bahan baku utama untuk industri kerajinan kulit.
- Tulang dan darah
Bahan baku utama untuk dibuat tepung tulang dan tepung darah yang diperlukan untuk bahan baku pakan ternak.
- Limbah kotoran sapi
Sekarang kotoran sapi bukan lagi limbah yang menjijikan. Memang bau, tapi kalau sudah jadi uang berubah jadi harum kan? Kotoran sapi diperlukan untuk dijadikan pupuk kandang, apalagi sekarang sudah banyak teknologi biogas yang menggunakan kotoran sapi.

Melihat dari potensi yang ditawarkan oleh usaha ternak sapi, layaklah bila anda mempertimbangkannya sebagai salah satu bidang bisnis untuk ditekuni baik sebagai peternak langsung maupun sebagai investor. Selain berorientasi keuntungan usaha, itung-itung ikut mendukung program ’Ketahanan Pangan’.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Saung Sapi BigBofe 2009 by Ourblogtemplates.com

Back to TOP