Mendisiplin Ternak

Kamis, 17 Desember 2009

Disiplin untuk hewan ternak?
Masa sih untuk hewan ternak harus ditanamkan disiplin juga?

Maksudnya begini...
Maksud disiplin adalah selalu tepat dan konsisten pada rencana kerja ataupun jadwal yang sudah ditetapkan. Dengan membina dan membiasakan diri kita disiplin, secara langsung maupun tidak langsung akan tertularkan pada hewan ternak yang kita pelihara.

Point disiplin yang baik untuk diterapkan, diantaranya:

Disiplin Waktu.
Disiplin waktu memberi pakan, waktu memandikan dan waktu memerah. Bila kita sudah menanamkan disiplin pada waktu-waktu tersebut, hewan ternak pun akan mengikuti mendisiplin dirinya sendiri dan juga akan mengingatkan apabila kita tidak disiplin. Hewan ternak akan mulai gelisah bila kita terlambat memberi pakan, memandikan atau memerah susu.

Disiplin Kebersihan.
Tetapkan jadwal rutin untuk membersihkan kandang dan lingkungannya, kemudian tepati jadwal tersebut secara konsisten. Dengan demikian kandang dan lingkungan sekitar akan terawat dan selalu bersih sehingga kesehatan ternak dan peternak pun terjaga dengan baik. Apa kita tega atau enak melihat lingkungan kandang terlihat kotor dan semerawut? Tentu tidak enak bukan? Begitu juga hewan, mereka juga punya perasaan yang sama. Hewan ternak juga mahluk hidup yang punya perasaan, hanya saja rasa dan perasaan mereka memang tidak sepeka kita manusia yang diberi kelebihan dan kemuliaan oleh Sang Maha Pencipta.

Disiplin Pengawasan.
Pengawasan dan pemantauan secara sekasama mutlak diperlukan dalam bidang peternakan. Pengawasan secara mendetail dari awal dan dijalankan secara konsisten akan memberikan dampak yang luar biasa kepada hasil akhir. Dengan pengawasan yang baik, kita akan dapat mengetahui secara tepat apa yang diperlukan dan harus dibenahi untuk memperbaiki hasil produksi akhir. Misal... tanpa pengawasan mungkin kita tidak tahu kalau ternak kita menderita suatu penyakit yang mana harus segera diambil tindakan pengobatan.

Disiplin Pencatatan.
Satu yang tidak kalah pentingnya adalah disiplin dalam mencatat setiap kegiatan dan kejadian. Pencatatan ini meliputi kegiatan fisik dan keuangan. Dengan demikian peternak akan selalu dapat mempelajari kondisi terkini dari usahanya. Kita semua mengharapkan keuntungan dan menghindari kerugian, bukan? Nah rajinlah mencatat setiap kegiatan dan kejadian agar dapat dianalisa ulang.


Salam Peternak!

Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Saung Sapi BigBofe 2009 by Ourblogtemplates.com

Back to TOP